9TH DAY IN SOUTH KOREA : HANBOK EXPERIENCE AND ICHON HANGANG PARK

1:28 AM

Good Day, everyone!


Posting kali ini akan meceritakan tentang hari terakhirku ketika berlibur di Korea Selatan. Pagi itu, cuaca di Seoul tidak begitu bersahabat karena gerimis terus mengguyur kota. Di hari terakhir kami ini, tidak banyak yang akan kami lakukan. Kami hanya berencana untuk menikmati Hanbok Experience di Seoul dan berbelanja.

Hanbok adalah pakaian tradisional Korea Selatan. Mengunjungi Korea Selatan, tentunya tidak akan lengkap jika kami tidak merasakan bagaimana cara mengenakan Hanbok. Ada beberapa tempat untuk menikmati pengalaman mengenakan Hanbok di Seoul. Yaitu :

1. Deoksugung Palace, disebelah pintu masuk
2. Namsangol Hanok Village, dikenakan biaya 3.000 won
3. Tourist Information Centre yang ada di basement KTO Headquarter
4. Gyeongbokgung Palace
5. Seoul Global Culture & Tourism di Myeongdong

Beberapa tempat diatas menawarkan pengalaman menggunakan Hanbok bagi para turis, sebagian besar tidak dikenakan biaya. Kami tentu saja memilih Seoul Global Culture & Tourism di Myeongdong karena kami bisa sekalian berbelanja. Seoul Global Culture & Tourism tidak memungut biaya sama sekali bagi para turis yang ingin merasakan pengalaman mengenakan pakaian tradisional Korea. Kami hanya harus datang di pagi hari dan melakukan booking kepada salah satu staff yang ada. Saat itu, banyak sekali turis yang datang sehingga kami hanya melakukan booking dan harus kembali pada siang hari.



Selama menunggu, Tity dan Kak Frida memutuskan untuk mengunjungi sebuah mall di Myeongdong. Sementara aku, karena sudah bosan melihat mall, memilih untuk mengunjungi salah satu Hangang Park yang ada di Seoul.

Aku kemudian kembali ke Myeongdong Station untuk menuju Ichon Hangang Park. Ichon Hangang Park bisa ditempuh melalui Metro line 1 dan line 4. Karena Myeongdong Station berada di line 4, aku tidak harus transit untuk berpindah jalur. Sampai di Ichon Station, aku kemudian keluar melalui exit# 4 dan berjalan sejauh 500m. Dari exit #4, aku terus berjalan lurus menyeberang jalan hingga menemukan sebuah petunjuk arah menuju Ichon Hangang Park seperti dibawah ini.

Petunjuk menuju Ichon Hangang Park


Aku kemudian terus berjalan lurus hingga kemudian menemukan Ichon Hangang Park. Sayangnya, karena hujan terus turun dan angin juga bertiup kencang, aku tidak bisa menikmati Ichon Hangang Park.

Ichon Hangang Park

Ichon Hangang Park

Ichon Hangang Park

Parking Lot

Petunjuk arah ketika pulang


Setelah mengambil beberapa foto, aku kemudian kembali ke Stasiun karena cuaca semakin dingin dan hujan semakin deras. Aku kemudian kembali ke Myeongdong untuk menemui Tity dan Kak Frida.

Sesampainya di gedung Seoul Global Culture and Tourism Centre kami masih harus menunggu sampai sesi siang dibuka. Selama menunggu, banyak buku pengetahuan mengenai Korea yang bisa kami baca. Seoul Global Culture and Tourism Centre menyediakan berbagai macam Hanbok yang bisa digunakan oleh para turis. Selain berbagai warna, ada juga berbagai ukuran yang bisa dipilih. Para staff juga membantu turis yang akan menggunakan Hanbok. Setelah Hanbok berhasil dikenakan, kami diberikan waktu 10 menit untuk mengambil foto. Waktu yang digunakan memang sangat sebentar karena banyak turis yang masih menunggu giliran untuk mengenakan Hanbok.

Me and Kak Frida

Tity and Me


Hanbok Experience di Myeongdong merupakan kegiatan terakhir kami di Seoul. Sesudah mengenakan Hanbok dan kembali berbelanja di daerah Myeongdong, kami kembali ke Hostel di sore hari karena harus siap-siap untuk pulang ke Jakarta pada pagi hari berikutnya.

Well, kira-kira seperti itulah pengalaman sembilan hari kami berlibur di Korea Selatan. Mudah-mudahan informasi yang aku tulis bisa berguna :)





You Might Also Like

0 comments