3RD DAY IN SOUTH KOREA : BUSAN

8:18 PM

Hi guys!

Posting kali ini akan menceritakan hari ketiga kami di Korea Selatan, 31 Maret 2013. Pada posting sebelumnya aku sudah menceritakan bahwa kami pergi menuju Busan dengan Bus Malam yang berangkat dari Dong Seoul Terminal. Bus berangkat pukul 00.00 dan tiba di Busan sekitar pukul 04.30. Berikut adalah suasana Bus Malam menuju Busan.

Suasana di dalam Bus malam menuju Busan

Kak Frida dan Aku :)

Sesampainya di Terminal, kami harus menunggu beberapa saat hingga pintu menuju Stasiun Metro dibuka. Tidak perlu takut untuk terlantar ketika menunggu di Terminal karena ada kursi untuk menunggu. Pagi itu, bukan cuma kami yang menunggu Metro beroperasi karena ada tiga orang Indonesia yang juga menunggu Metro beroperasi untuk menuju Gimhae International Airport. Ternyata mereka juga pulang-pergi ke Korea Selatan dengan menggunakan tiket promosi seperti kami, tapi menggunakan maskapai berbeda berinisial AA.

Gate menuju Jalur Metro yang masih ditutup

Ticket Machine for Metro

Busan Metro Pagi Hari

Busan Metro

Ketika Metro sudah beroperasi, kami langsung bergegas naik ke kereta menuju Pukyong/Kyungsung University Station di Jalur 2. Dari dalam Metro, kami takjub karena Busan ternyata sudah memasuki Musim Semi. Diluar jendela metro sudah terlihat Cherry Blossom cantik berwarna merah muda. Tujuan pertama kami adalah Lzone Hostel. Lzone Hostel adalah tempat kami menginap di Busan selama satu hari. Untuk menuju Hostel ini, kami harus berjalan dua blok dari Exit 3. Hostel ini bisa dibilang sebagai Hostel yang paling tidak nyaman yang kami tempati karena hanya berupa Apartment empat kamar yang penuh sesak dan tidak ada privasi untuk kita. Hostel ini juga hanya memiliki satu kamar mandi yang digunakan oleh seluruh turis. Dibandingkan The House Hostel, biaya untuk menginap di Lzone Hostel memang lebih murah, sekitar 15.000 won.

Kami bergegas menyimpan Koper dan bawaan yang lain karena kami hanya memiliki waktu sampai besok siang untuk menikmati Busan. Siangnya, kami harus bergegas menuju Jinhae Gunhangje Festival. Dari Lzone Hostel, kami menaiki Metro menuju Gwangan Station. Perjalanan menuju Gwangan Station bisa ditempuh dalam waktu sekitar 5-10 menit. Sesampainya di Gwangan Station, kami keluar melalui exit 5 dan kemudian berjalan menuju Gwangalli Beach.

Perjalanan menuju Gwangalli Beach tidak terlalu jauh, sepanjang perjalanan kami bisa menikmati Cherry Blossom yang berguguran disepanjang jalan. Setelah berjalan sekitar 10 menit, kami sudah bisa melihat Gwangalli Beach dari kejauhan. Gwangalli Beach merupakan salah satu pantai yang terkenal di Busan. Dari pantai ini, kami juga bisa melihat Gwangan Brigde yang megah.

Cherry Blossom

Gwangalli Beach

Gwangan Bridge from Gwangalli Beach

Selesai menikmati Gwangalli Beach, kami kemudian melanjutkan perjalanan menuju Jagalchi Market dan Gukje Market untuk menikmati Food Street di Busan. Menuju Jagalchi Market dan Gukje Market, kami harus transit di Seomyeon Station untuk pindah ke Jalur 1. Sesampainya di Jagalchi Station, kami kemudian keluar melalui Exit 10.

Gukje Market

Hotteok

Jagalchi Market

Setelah puas melihat-lihat dan menikmati jajanan di Gukje Market, kami kemudian makan siang di sebuah Restoran Ayam.

Setelah selesai makan dan beristirahat, kami mengunjungi Pusat Informasi untuk Turis di Busan. Seorang staff kemudian memberikan petunjuk mengenai objek wisata yang bisa kami kunjungi di Busan. Kami kemudian memutuskan untuk pergi ke Tae Jongdae Park sebelum mengikuti Bisan Night City Tour Bus. Biaya pulang pergi ke Tae Jongdae Park adalah 1200 won dengan menggunakan Bus dari Jagalchi Market.

Kami memiliki waktu tidak banyak untuk menikmati Tae Jongdae Park, oleh karena itu kami kemudian memutuskan untuk membeli tiket Danubi Train yang bisa membawa kami mengelilingi dan melihat pemandangan di Tae Jongdae Park. Harga tket Danubi Train adalah 1.200 won.

Pemandangan yang bisa dilihat dari Danubi Train

Selesai melalukan perjalanan dengan Danubi Train, kami harus kembali menaiki bus untuk menuju Hotel Arirang Busan. Kami juga sempat mengambil beberapa foto ketika kembali menuju Terminal Tae Jongdae.

Monumen Tae Jongdae

Busan from Top

Busan From Top

Kami kemudian kembali turun di Jagalchi Station untuk menaiki Metro menuju Busan Station. Menuju Hotel Arirang Busan, kami harus keluar di Exit 8 dan kemudian berjalan menuju Halte tempat City Tour Bus berawal. Biaya untuk mengikuti Night View City Tour Bus Busan adalah 10.000 won. Jika mengikuti Night View City Tour, kami dibawa untuk mengelilingi beberapa Objek Wisata di Busan. Seperti, Gwangan Bridge, Haeundae Bridge, Haeundae Dalmaji-gil Road, dan Geumnyeonsan Youth Training Institute. Sebelum akhirnya kembali lagi ke Busan Station.

Halte Busan City Tour Bus di Sebelah Hotel Arirang Busan

Suasana di dalam City Tour Bus

Busan City Tour Bus

Haeundae Beach

Busan at Night

Busan Station

Jika memiliki waktu yang terbatas di Busan, City Tour Bus merupakan salah satu cara untuk bisa menikmati suasana kota Busan. Pada Night View City Tour Bus, kami diberi kesempatan dua kali untuk turun dari Bus dan menikmati pemandangan Busan. Stop pertama adalah di Busan Aquarium/Haeundae Bridge dan Stop kedua adalah Geumnyeonsan Youth Training Institute. Setelah selesai menikmati Night View City Tour di Busan, kami kemudian mengakhiri jalan-jalan kami di Busan dan kembali menuju Hostel untuk beristirahat.